Selasa, 03 Januari 2012

RANGKUMAN PRESENTASI KELOMPOK 6 TENTANG POPULASI


PEMATERI              :           YESSI HERMAWATI

         RISMA EKAWATI
                   NUR HASANAH

 

RANGKUMAN PRESENTASI KELOMPOK 6 TENTANG POPULASI

 

Dari hasil diskusi dan presentasi mengenai Populasi dapat diambil beberapa rangkuman serta informasi-informasi baru seputar Populasi. Populasi merupakan kumpulan individu sejenis yang hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu. Misalnya populasi pohon pinus, populasi komodo, dll. Pada seluruh permukaan bumi itu sangat banyak tumbuhan dan tanaman sehingga dalam kelompok populasi ini lebih mudah mempelajari suatu tumbuhan atau tanaman, bagaimana adaptasinya, cara pertumbuhannya, pola persebarannya dan lain –lain.

Karakteristik suatu populasi dipengaruhi oleh:
a.       Kepadatan (densitas)
b.      Laju kelahiran (natalitas)
c.       Laju kematian (mortalitas)
d.      Potensi biotik
e.       Penyebaran umur
f.       Bentuk pertumbuhan
g.      Imigrasi dan emigrasi

DISKUSI EKSKLUSIF :

Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran populasi ialah faktor biotic dan factor abiotik. Faktor Abiotik terdiri dari iklim, relief, dan kondisi tanah. Sedangkan factor biotic terdiri dari tumbuhan, manusia dan hewan. Dari masing masing factor yang paling dominan pengaruhnya adalah iklim dan manusia. Apabila iklim pada suatu tempat tidak mendukung maka populasi akan tidak berkembang dan bisa saja tetap atau malah berkurang, sedangkan manusia pengaruhnya sangat besar terhadap populasi. Manusia dapat berperan dalam menambah atau malah mengurangi populasi suatu tumbuhan atau tanaman. Kondisi iklim berpengaruh langsung terhadap keadaan suhu dan angin, serta penyinaran matahari. Sehingga, iklim sangat mempengaruhi keadaan populasi itu. Bila iklim nya konsisten atau berkala perubahannya hal itu tidak akan bermasalah, namun apabila iklim berubah secara cepat bahkan tidak terduga, akan sangat merugikan tanaman. Bisa mengurangi jumlah populasi karena mati jika tidak bisa mempertahankan diri.
Endemik adalah suatu organisme yang hanya dapat ditemukan di sutu tempat saja tidak ditemukan di tempat lain. Misalnya tanaman pisang, bunga Raflesia Arnoldi, Komodo, dan lain-lain. Sedangkan fertilisasi adalah tingkat kinerja perkembangbiakan dalam menghasilkan individu baru. Endemik biasanya berhubungan dengan suatu populasi khas dari suatu organisme tertentu dari daerah tertentu. Perlu diadakan suatu model konservasi atau pelestarian untuk menjaga produk endemik itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar