Selasa, 03 Januari 2012

RANGKUMAN KELOMPOK 8 TENTANG METODE ANALISIS VEGETASI



PEMATERI              :           DIAZ RENTIKA
SEPTY YUSTIAN
                                               QORRY AULYA

RANGKUMAN KELOMPOK 8 TENTANG METODE ANALISIS VEGETASI

                                    
            Kelompok 8 beranggota 3 orang yakni Dias rentika, Septy yustian, dan Qorry aulya, yang akan membahas tentang metode analisis vegetasi. Beberapa materi yang akan disampaikan antara lain: analisis vegetasi ( metode destruktif, metode non destruktif, metode floristic, metode non floristic ), teknik pencuplikan ( kuadrat, garis, titik, kuarter, teknik ordinasi), mengenal macam-macam peta vegetasi, mmbuat kurva luas minimum, menghitung kerapatan, frekuensi, penutupan (coverage), dominasi dan indeks nilai penting.

            Semai adalah tumbuhan yang tingginy kurang dari 1,5 meter dengan diameter kurang dari 10 cm, misalnya saja pohon jambu. Pancang adalah tumbuhan dengan tinggi 1,5 meter sampai anakan berdimeter kurang dari 10 cm, sedangkan tiang adalah pohon muda dengan diameter 10 cm sampai kurang dari 20 cm. Dominasi adalah parameter atau penguasaan spesies yang sering muncul. Memahami materi organic yang dapat dihasilkan oleh suatu komunitas tumbuhan itu juga diperlukan untuk mengidentifikasi lebih lanjut. Bentuk vegetasi yang sederhana itu adalah suatu vegetasi yang hanya terdiri dari beberapa tumbuhan saja yang saling berinteraksi dengan lingkungannya.

            Secara keseluruhan presentasi dari kelompok 8 dapat diterima baik oleh audiens. Tanggapan dan berbagai pertanyaan juga dapat terjawab dengan cukup baik, selain itu interaksi antara presenter dan audien juga cukup baik, sehingga presentasi yang dilakukan oleh kelompok 8 dapat berjalan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar