Selasa, 03 Januari 2012

RANGKUMAN PRESENTASI KELOMPOK 11 TENTANG EKOSISTEM AQUATIK


PRESENTASI          :           LAYLY HIJRI
                                                LUTHFIDA IRMALIA
                                                SAYFUL BAHRUL ALAM

RANGKUMAN PRESENTASI KELOMPOK 11 TENTANG  EKOSISTEM AQUATIK


            Kelompok 11 ini beranggotakan 3 orang yakni layli Hijri, Lufidah Irmalia dan Syaiful Bahrul Alam dengan pokok bahasan mengenai Ekosistem aquatic yang meliputi hutan pantai, rawa, mangrove, ekosistem air tawar ( pantai karang, pantai berpasir, pantai berlumpur ), estuaria, terumbu karang, ekosistem laut ( ekosistem laut pelagis, ekosistem laut dalam ), bentos ( bentos benting benus dan bentos laut dalam).

            Karakteristik laut dalam ialah mempunyai kedalaman 700-1000 km, tidak dapat ditembus oleh cahaya matahari sehingga tidak ada produsen autotrof, oksigennya hanya sedikit, dengan tekanan udara yang ekstrim, pada laut ini didominasi oleh hewan pemamngsa atau predator dan keadaannya sangat lembab. Terukbu karang sangat penting peranannya dalam ekosisitem air laut. Terumbu karang yaitu suatu organisme yang hidup didalam air laut dangakal yang tersusun atas karangantozoa yang termasuk dalam hermatipikoral yang terdiri dari zat kapur. Karang sendiri merupakan produk dari terumbu yang bentuknya seperti tanduk, bunga, atau batu yang terdapat kalsium karbonat yang merupakan hasil simbiosis alga dengan zoozantela, karena alga merupakan makhluk hidup dan zoozantela membuat karang apabila banyak terjadi pencemaran maka karang akan memutih.

            Kandungan unsur hara yang lebih banyak antara letik dan lotik ialah lebih cenderung ke letik, karenapada ekosistem ini airnya terang, dan tidak baarus misalnya ialah pada danau, rawa, dan gambut. Pada ekosistem pantai yang terdiri dari pantai pasir, pantai Lumpur, dan pantai karang, yang paling banyak hidup biota lautnya yaitu pada pantai karang. Pada pantai karang ini banyak sediment kalsium karbonat sehingga banyak biota laut yang berupa karang, tetapi lebih dominant pada tumbuhan perdu. Di Indonesia sebagian besar merupakan pantai karang karena suhunya bagus dan cocok untuk pertumbuhan dan perkembangannya sehingga makhluk hidup dapat tunbuh optimal.

 Laut pelagis adalah laut terbuaka. Zona ini dengan 130 juta km3 dengan kedalaman sekitar 3,68 km sampai 11 km kedalaman maximumnya. Secara keseluruhan penyampain informasi mengenai ekosistem aquatic dapat tersamapaikan pada audiens. Tanggapan dan sanggahan dapat terolah dengan baik sehingga presentasi dapat berjalan secara lancar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar