Selasa, 03 Januari 2012

RANGKUMAN PRESENTASI KELOMPOK 10 TENTANG EKOSISTEM DARAT / TERRESTRIAL


PEMATERI              :           ALIB SURYANINGSIH
                                                SUSI SUSILA
                                                MIRNA MAHARYUNING

RANGKUMAN PRESENTASI KELOMPOK 10
TENTANG EKOSISTEM DARAT / TERRESTRIAL


            Kelompok ini beranggota 3 orang yaitu, Alib Suryaningsih, Mirna Maharyuning, dan Susi Susila, yang akan membahas mengenai ekosistem darat. Lebih detailnya yaitu mencakup beberapa sub bab antara lain; hutan hujan tropis, hutan musiman tropis, hutan hujan temperate, hutan gugur daun temperate, hutan temperate evergen hutan taiga,hutan kayu elfin, hutan tropis daun lebar hutan kayu torn, hutan boreal, tundra, savanna, alpin, padang pasir, zona arid, dan padang rumput.

            Ekosistem adalah komunitas organic yang terdiri dari tumbuhan dan hewan dan mikroorganisme bersama lingkungan fisik dan kimia sebagai habitatnya. Kondisi ekologi dari hutan hujan tropis yaitubiasanya iklim tropis dengan curah hujan tahunan minimum berkisar 1500 mm-2000mm, temperature di atas 18 derjat celcius sepanjang tahun, tumbuh di daratan rendah 1200 m, di tanah yang relative subur misalnya di Indonesia dan Amerika Latin. Pada ekologi padang pasir, komuitas umumnya terbuka, dengan beberapa fakor pembatas, dengan penyesuaian diri dengan lingkungannya, komposisi komunitas bervariasi, vegetasinya berbeda-beda, suhu sangat ekstrim, produktifitasnya sangat rendah, kondisi tanah yang kurang subur dan ekosistemnya tidak stabil.

            Pada bioma tundra terdapat umbuhan usia pendek yang dimaksud disini adalah tumbuhan yang mampu bertahan antara 30-120 hari atau 1-4 bulan saja, misalnya rumput teki, lumut kerak dan tumbuhan herbal. Krakteristik pada fromasi musiman yaitu apabila suatu tumbuhan di musim kemarau maka komunitas pohon yang mengalami kekeringan sersntak akan menggugurkan daunnya, sebaliknya jika hujan turun maka pohon-pohon itu kan sama-sama memeliki daun yang lebat. Dalam ekosistem tundra terdapat suksesi nutrisi yaitu termasuk suatu jenis hutan yang kekurangan nutrisi karena suhu dan kurangnya suplai air sehingga daun gugur, pengurai lambat dan kemudian hancur menjadi humus. Penyajian materi pada kelompok 10 sudah cukup baik. Pertanyaan dari beberapa audiens dapat terjawab dengan baik sehingga presentasi berjalan dengan lancar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar